Sosialisasi Tindakan Pencegahan Breaching bagi Pelaku UMKM di Pasar Kordon Bandung

Sosialisasi Tindakan Pencegahan Breaching bagi Pelaku UMKM di Pasar Kordon Bandung

Perkembangan teknologi informasi telah mendorong berbagai lini masyarakat untuk memanfaatkan variasi aplikasi untuk mendukung kegiatan sehari-hari.  Aplikasi-aplikasi ini umumnya dengan mudah diakses pada perangkat telepon genggam.  Untuk dapat menggunakan aplikasi, pengguna akan diminta membuat akun yang bersifat personal.  Fenomena kemudahan penggunaan aplikasi ini, ternyata memunculkan maraknya penipuan-penipun yang bersifat online atau daring.  Hal ini bisa terjadi karena data pribadi yang dibuat saat membuat akun pada berbagai aplikasi dapat dengan mudah dicuri dan dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.  Tindakan pencurian data pribadi ini dikenal juga dengan istilah breaching.

Menanggapi kondisi ini, Telkom University sebagai bagian dari masyarakat dan memiliki motto “Contribute to the Nation” berupaya untuk membantu meminimalisir terjadinya penipuan online yang umumnya terjadi karena didahului adanya pencurian data pribadi baik dari akun-akun aplikasi maupun akun media sosial.   Upaya ini dilakukan melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh tim yang terdiri dari dosen-dosen di Fakultas Informatika khususnya dari Program Studi Sains Data dan Informatika beserta beberapa mahasiswa dari kedua prodi tersebut.   Tim ini diketuai oleh Dr.Warih Maharani, dengan anggota Dr.Imelda Atastina, Ramanti Dharayanti S.T.,M.TI, dan beberapa mahasiswa.

Kegiatan pengabdian kepada  masyarakat ini diberi tema Sosialisasi Tindakan Pencegahan Pencurian Data Pribadi dan Media Sosial.  Dengan masyarakat sasarnya adalah pelaku kegiatan usaha kecil menengah di Pasar Kordon, Bandung.

Untuk melakukan sosialisasi ini, telah dibuat video sosialisasi yang diunggah pada media sosial Tiktok dan Youtube. Hal ini dilakukan mengingat kedia media sosial tersebut, saat ini sangat sering diakses para pengguna telepon genggam. Dengan demikian melalui media ini diharapkan kegiatan sosialisasi ini dapat tersampaikan secara efektif dan efisien. Adapun kedua video tersebut dapat diakses melalui link https://www.tiktok.com/@s1_datascience_tel_u/video/7116754125907447042?is_from_webapp=1&sender_device=pc&web_id=7116750089285469697  dan https://www.youtube.com/watch?v=UoDK-ubksKM.   Tentunya video ini tidak hanya diunggah pada kedua media sosial tersebut, tetapi dilakukan pula sosialisasi langsung pada pelaku UMKM di Pasar Kordon sambil menjelaskan secara langsung penekanan akan hal-hal yang dapat dilakukan untuk menghindari terjadinya pencurian data pribadi seperti password, kode OTP dsb. Diharapkan setelah adanya sosialisasi langsung, para pelaku UMKM dapat terus menularkan informasi-informasi tersebut dan menonton ulang untuk mengingat kembali hal-hal penting yang harus dilakukan untuk menghindari terjadinya penipuan online

Kegiatan sosialisasi secara langsung ini telah dilakukan oleh Tim  pada tanggal 5 Juli 2022 di Pasar Kordon, Bandung.  Animo pelaku UMKM cukup baik, berdasarkan hasil survey setelah adanya kegiatan sosialisasi secara langsung para pelaku UMKM menyatakan sosialisasi ini sesuai dengan kebutuhan mereka, dan diharapkan di masa yang akan datang akan tetap ada kegiatan pengabdian masyarakat sejenis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.