informasi umum

VISI

Menjadi program studi sarjana yang bereputasi Nasional dan Internasional dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang dapat memberikan solusi inovatif di bidang Sains Data, khususnya Big Data Analytics

MISI

  • Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan program sarjana berstandar internasional di bidang Sains Data, khususnya pada Big Data;
  • Melaksanakan penelitian melalui pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang Sains Data khususnya Big Data Analytics yang diakui secara internasional;
  • Melaksanakan pengabdian masyarakat berkelanjutan dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Sains Data untuk kesejahteraan dan kemajuan bangsa.

TUJUAN

  • Menghasilkan lulusan yang berkompeten di bidang Sains Data khususnya Big Data Analytics yang berkarakter, berkualitas, dan berwawasan global;
  • Menghasilkan lulusan yang mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan bisnis, mengidentifikasi masalah, serta menerapkan pengetahuan saintifik bidang Sains Data untuk menyelesaikan permasalahan interdisipliner;
  • Menghasilkan lulusan yang mampu mengidentifikasi, mengekstraksi, mengintegrasikan, dan mengkomunikasikan hasil analisis data skala besar untuk menyelesaikan permasalahan di berbagai domain;
  • Menghasilkan karya ilmiah di bidang Sains Data khususnya Big Data Analytics yang bermanfaat untuk pembangunan Nasional serta disebarluaskan pada publikasi terindeks secara Internasional;
  • Melaksanakan kegiatan dan penerapan ilmu Sains Data khususnya Big Data Analytics yang berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

SEJARAH PROGRAM STUDI

Universitas Telkom merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom. Dalam menyusun skenario strategi dan kebijakan untuk proses pembentukan dan pertumbuhan Universitas Telkom, maka diusulkan 7 (tujuh) inisiatif. Salah satu inisiatif tersebut adalah tentang peningkatan kampus dan jumlah mahasiswa (Diversifikasi Program, Kampus Nasional Universitas Telkom, Komunitas College dalam koridor ekonomi). Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan skala perguruan tinggi dengan cara melakukan diversifikasi program studi. Program studi Sains Data merupakan Program Studi baru sebagai salah satu bagian dari diversifikasi program tersebut.

Universitas Telkom khususnya Fakultas Informatika berperan aktif menjadi salah satu penyedia sumber daya manusia yang kompeten di bidang Sains Data, khususnya Big Data Analytics melalui pendirian Program Studi S1 Sains Data. Di Program Studi S1 Sains Data, mahasiswa akan dipersiapkan dengan baik untuk menghadapi tantangan besar dalam masyarakat saat ini yaitu bagaimana memanfaatkan informasi yang terkandung dalam sejumlah besar data yang dikumpulkan di berbagai bidang/domain seperti bisnis digital, keuangan, lingkungan, dan media sosial. Terlebih lagi di era industri 4.0 dimana sangat berkaitan dengan era big data. Program Studi ini akan memberikan pengetahuan dan pemahaman kombinasi dasar teoritis dan pengalaman praktis, mulai dari definisi masalah, ekstraksi data, preprocessing, analisis, hingga mengkomunikasikan hasil analisis dan insight data.

Ijin penyelenggaraan Program Studi S1 Sains Data telah keluar sejak 16 April 2021 sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No 144/E/O/2021. Program Studi S1 Sains Data berada di dalam Fakultas Informatika bersama dengan 7 program studi lain seperti yang terlihat pada gambar 1.1 dibawah ini.

Program Studi S1 Sains Data menitikberatkan pada penguasaan ilmu pengetahuan yang lebih difokuskan pada penerapan bidang Sains Data, khususnya Big Data Analytics dengan kasus nyata di industri. Dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Program Studi S1 Data Science didukung oleh Kelompok Keahlian (KK) yang bertugas meningkatkan kualitas keilmuan Dosen.

PROFIL LULUSAN

Data Science Professional

  • Data Scientist: menginterpretasikan data, mengelola data dalam jumlah besar, menggabungkan sumber data, memastikan konsistensi data, dan memvisualisasi data.
  • Data Analyst : Mengelola basis data, termasuk menjaga konsistensi data; merancang visualisasi data.
  • Data Science Architect : Merancang dan mengelola fasilitas dan aplikasi sains data. Merancang workflow proses dan model data.
  • Data Engineer : Merancang dan mengembangkan aplikasi data analitik yang besar untuk mendukung proses bisnis.
  • Business Analyst : Menganalisa varisasi-variasi data untuk mengekstrak informasi tentang performansi sistem dan layanan.
  • Data Science Technology Professionals : Merancang, mengimplementasikan dan mengelola data input, storage, search, presentasi, serta membangun model data.
  • Database and Network Professional : Merancang dan mengembangkan basis data breskala besar dan penggunaannya dalam domain aplikasi tertentu, sesuai dengan kebutuhan customer.

Technopreneur

Sebagai owner/founder/CEO perusahaan startup yang mempunyai konsentrasi dalam bidang teknologi Informasi, khususnya perusahaan yang berkaitan erat dengan data.

Akademisi Bidang Sains Data

Akademisi dalam bidang Sains data yang akan memfokuskan diri untuk menjadi pengajar, atau peneliti diberbagai institusi pendidikan tinggi dan lembaga penelitian pada area keilmuan Sains Data khususnya Big Data Analytics.

CAPAIAN PEMBELAJARAN

No Capaian Pembelajaran
I Aspek Sikap
PLO1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas,  serta menghargai keanekaragaman budaya, agama dan  kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. 
PLO2 Menunjukkan sikap profesional atas pekerjaan di bidang  keahliannya secara mandiri dengan menerapkan nilai, norma, dan etika akademik.
PLO3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan, kemajuan peradaban berdasarkan  Pancasila, serta taat hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan  bernegara.
II Aspek Pengetahuan
PLO4 Mampu mengidentifikasi dan merumuskan masalah dalam bidang Data  Science menggunakan sains dan matematika untuk mendapatkan  pengetahuan baru dari data. 
PLO5 Mampu menerapkan prinsip rekayasa dan teknologi komputer untuk melakukan eksperimen,  penelitian, dan perancangan aplikasi, khususnya di bidang big data analytics
PLO6 Mampu mengimplementasikan manajemen  strategi pengumpulan data, penyimpanan data, pemeliharaan data, dan  menjamin ketersediaan data untuk keperluan pengolahan lebih lanjut.
III Aspek Keterampilan Umum
PLO7 Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam  konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau  teknologi sesuai dengan bidang keahliannya
PLO8 Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu  pengetahuan, teknologi sesuai dengan keahliannya berdasarkan  kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan,  desain, serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir
PLO9 Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian  masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap  informasi dan data
IV Aspek Keterampilan Khusus
PLO10 Mampu memilih metoda di bidang  big data analytics yang tepat, dan mengoperasikan  alat yang tersedia untuk mengoptimalkan penyelesaian  masalah data tertentu. 
PLO11 Mampu mengindentifikasi dan mengoperasikan alat dan aplikasi untuk  pengumpulan data, manajemen data, dan big data analytics
PLO12 Mampu membuat rencana manajemen data selaras dengan kebutuhan  organisasi dengan mempertimbangkan keamanan dan etika.